Muqodimah

 Segala puji hanya untuk Allah  Ta’ala, shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad ShalAllah u’alaihi wa sallam beserta keluarga dan seluruh sahabatnya.

Sungguh Allah Shubhanahu wa ta’alla telah membuka peluang seluas-luasnya bagi setiap hamba untuk meraih yang terbaik dalam hidupnya. Allah Shubhanahu wa ta’alla juga menuangkan kasih sayang kepada mereka melebihi kasih sayang mereka terhadap diri mereka sendiri. Hal ini sebagaimana ucapan Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wa sallam kepada seorang sahabat:

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: « فَاللهُ أَرْحَمُ بِكَ مِنْكَ بِهِ وَهُوَ أَرْحَمُ الرَّاحِمِيْنَ » [رواه البخاري]

“Allah Shubhanahu wa ta’alla lebih sayang kepada dirimu daripada sayangmu kepada dia (anakmu) dan Dia adalah Dzat yang paling penyayang di antara para penyayang.” (Shahih al-Adabil Mufrad no. 290).

 

Tidak ada hal sekecil apa pun yang akan membuahkan kebahagiaan melainkan Allah Shubhanahu wa ta’alla telah melimpahkannya kepada hamba-hamba -Nya. Yang menjadi pertanyaan, berapakah jumlah hamba -Nya yang mengetahui bahwa Allah Shubhanahu wa ta’alla menyayanginya? Pertanyaan selanjutnya, berapa jumlah hamba -Nya yang berusaha meraih kasih sayang tersebut?

قال الله تعالى: ﴿ قَالُواْ يَٰمُوسَىٰٓ إِمَّآ أَن تُلۡقِيَ وَإِمَّآ أَن نَّكُونَ نَحۡنُ ٱلۡمُلۡقِينَ ١١٥ ﴾ [الأعراف:156]

“Dan rahmat -Ku meliputi segala sesuatu.” (al-A’raf: 156).

As-Sa’di Rhadiyallahu ‘anhum mengatakan, “Rahmat Allah Shubhanahu wa ta’alla mencakup segala yang di atas dan di bawah, pelaku kebaikan dan pelaku maksiat, mukmin dan kafir. Tidak ada satu makhluk pun melainkan rahmat Allah Shubhanahu wa ta’alla sampai kepadanya, demikian pula karunia serta kebaikan -Nya meliputi mereka. Namun, kasih sayang yang bersifat menyeluruh, yang melahirkan kebahagiaan dunia dan akhirat, tidak akan diberikan kepada seorang pun (melainkan orang-orang yang diridhai-Nya). Oleh karena itu, Allah Shubhanahu wa ta’alla berfirman:

قال الله تعالى: ﴿ وَٱكۡتُبۡ لَنَا فِي هَٰذِهِ ٱلدُّنۡيَا حَسَنَةٗ وَفِي ٱلۡأٓخِرَةِ إِنَّا هُدۡنَآ إِلَيۡكَۚ قَالَ عَذَابِيٓ أُصِيبُ بِهِۦ مَنۡ أَشَآءُۖ وَرَحۡمَتِي وَسِعَتۡ كُلَّ شَيۡءٖۚ فَسَأَكۡتُبُهَا لِلَّذِينَ يَتَّقُونَ وَيُؤۡتُونَ ٱلزَّكَوٰةَ وَٱلَّذِينَ هُم بِ‍َٔايَٰتِنَا يُؤۡمِنُونَ ١٥٦﴾ [الأعراف:156]

“Maka akan Aku tetapkan rahmat -Ku untuk orang-orang yang bertakwa, yang menunaikan zakat dan orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat kami. (Yaitu) orang-orang yang mengikut rasul, Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wa sallam yang ummi.” (al-A’raf: 156).

 

Wallahu’alam bishawab

Download Sumber

 

AQD 15 – Meluruskan Aqidah 01

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest